Brand Guideline Labuan Bajo

Urban Design
(2022)

Team Leader : Antony Sihombing

Team Member :

, , Lathiyfah Shanti Purnamasari, Farrah Eriska Putri, Brian Adinata, Annisa Febriana Santoso

Judul buku               : Brand Guideline Labuan Bajo

Nama penulis           : Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Departemen Arsitektur FT UI 2022

  1. Antony Sihombing
  2. Lathiyfah Shanti Purnamasari
  3. Farrah Eriska Putri
  4. Brian Adinata
  5. Annisa Febriana Santoso

Nama penerbit: Departemen Arsitektur FTUI

Jumlah halaman: 80 halaman

Ukuran: 29,7 x 16,7 cm

Harga: Rp. 150.000

ISBN : Dalam proses

Sinopsis:

Labuan Bajo merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang menjadi 5 (lima) kawasan super prioritas di Indonesia. Potensi yang disimpan oleh Labuan Bajo begitu luas dan beragam, namun hingga saat ini kegiatan wisata yang terjadi di Labuan Bajo masih terpusat pada kawasan laut dan kepulauan. Padahal daratan Labuan Bajo sendiri tidak kalah menarik.

Brand Guideline ini dibuat dalam rangka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Departemen Arsitektur Universitas Indonesia. Tim Pengabdi dari Universitas Indonesia berusaha untuk mengidentifikasi permasalahan di lapangan dan menyusun solusi yang dapat membantu masyarakat mengurainya. Salah satu permasalahan yang diidentifikasi di lapangan adalah adanya disparitas pendapatan di kepulauan dan mainland yang perlu disiasati.

Brand guideline ini disusun selain sebagai pedoman visual dalam pembuatan marketing kit, namun juga memuat usulan-usulan untuk mengoptimalisasi potensi setempat sehingga dapat mengurangi ketimpangan pendapatan pada wilayah kepulauan dan daratan dengan membentuk tema-tema wisata dan usulan peningkatan dan penyediaan fasilitas yang dapat menarik wisatawan.